KASUS SINGKAT
Kikkoman merupakan salah
satu perusahaan tertua dijepang, yang terkenal diseluruh dunia karena kecapnya
(shoyu). Kecap kikkoman memegang 50%
untuk saus botol oriental di amerika utara dan 30% dijepang. Untuk memenuhi
permintaan diselruh dunia (yang dijual 100 negara diseluruh dunia) produksi
telah mengalami peningkatan selama 22 tahun terakhir. Pada tahun 1997 sendiri. Kikkomen
memproduksi dan menjual 116 juta galon dari cairan berwarna eboni ini. Ini merupakan
kuantitas yang luar biasa. Fakta lain yang membuat statistik ini cukup
mengesankan adalah karena kikkoman membuat kecapnya dengan menggunakan metode
yang kembali pada abad ke -17, yang memerlukan beberapa bulan penyulingan
sebelum disiapkan.
Walaupun perusahaan ini
bersandar pada nilai tradisional. Bahan –bahan alami (termasuk mikroorganisme
yang cocok untuk menciptakan kultur yang disebut kaji) telah menggunakan subtitusi kimia yang digunakan oleh
pesaing. Kikkoman telah menggunakan proses manufaktur yang maju. Pabrik manufaktur
state of the art di walworth,
winconsin. Dan sebuah merwk baru dibelanda menggunakan teknologi yang paling
modern yang pernah ada. Kenyataannya diluar bisnis kecap. Kikkoman dianggap
sebagai pemimpin dunia dalam bidang teknik genetika, bioteknologi, dan
biokimia. Dalam kenyataannya, dengan menggunakan teknologi pembelahan sel
kikkoman telah mengembangkan spesies buah sitrus yang baru
Secara aktual. Terapat beberapa
cara yang tidak umum dikikkoman pada permulaannya, pendiri perusahaan ini
adalah wanita – hal yang sangat jarang ditemukan diabad ke 16 dan juga tidak
seperti perusahaan-perusahaan jepang lainnya yang mana memproduksi barang yang
berasal dari amerika seperti otomotif dan elektronik, kikkoman membelokan
produk jepangnya yang unik agar ditemukan didapur-dapur seluruh dunia. Dan juga
perusahaan ini melekat dengan tradisi jepang yang kuat. Yaitu loyal kepada
pemilik perusahaan, sebuah idealisme yang jarang ditemukan pada perusahaan
amerika. Kenyataanya, komitmen kikkoman untuk memperlakukan pekerjanya seperti
keluarga melandasi seluruh aspek operasi perusahaan menariknya, kelekatan
kikkoman dengan penghargaan terhadap tradisi harmoni dan loyalitas asia membuat
kikkoman menjadi mitra yang menarik bagi perusahaan-perusahaan berbasis
amerika, seperti xerox. Untuk melakukan ekspansi kepasar jepang dan china
sekarang ini. Dari bagian yang lebih besar kemitraan kikkoman dikatakan sebagai
salah satu dari pemain utama dalam dunia bisnis internasional
Kikkoman telah membuahkan
hasil di negara tempat melakukan bisnisnya pabrik Wisconsin yang berbasis
diamerika yang didirikan pada tahun 1973 misalnya. Satu-satunya item termasuk
bahan-bahan (kedelai,gandum,garam, dan air) dan peralatan yang tidak diproduksi
secara lokal adalah item khusus yang diperlukan untuk membuat kecap. Kikkoman menjadi
kontributor yang unggul bagi komunitas lokal. Tidak hanya dalam hal pajak,
tetapi dalam menciptakan kontribusi terhadap apapun dari proyek h4 untuk
beasiswa SMU
Jelas bahwa kikkoman, yang
berakar pada feodalisme jepang tetapi juga menembus tepian bioteknologi, yang
berarti telah menanggung resiko selama bertahun-tahun orang jepang kuno berkata
“katak didanau tidak akan tahu lautan”. Jelasnya kikkoman telah melalui banyak
danau dan terus bereksplorasi untuk menemukan banyak lautan.
Dari kasus diatas yang akan
saya bahas mengenai tantangan yang dihadapi pekerja kikkoman apabila mereka
bekerja di Winconsin AS ?, pakah kasus ini mengilustrasikan tentang kealamian
global kikkomaan ? apakah kikkoman menunjukan derajat tangung jawab sosial yang
tinggi, dan bagaimana perusahaan akan diuntungkan ?
Perbedaan Manajemen SDM Global antar
negara-negara
1. Manajemen Barat (AS)
Aspek Positif :
· Efisien;
· Disiplin;
· Sadar akan waktu dan;
· Penghormatan terhadap inisiatif
individu.
Aspek Negatif :
· Manusia diperlakukan seperti mesin, dan;
· Masyarakatnya yang konsumtif.
2. Manajemen Jepang
Aspek Positif :
· Solidaritas terhadap kelompok
(perusahaan) yang tinggi;
· Dedikasi;
· Kesetiaan;
· Disiplin diri;
· Nasionalisme yang tinggi, dan;
· Penghormatan terhadap yang lebih senior.
Aspek Negatif :
· Opportunities;
· Binatang ekonomi;
· Sangat tertutup, dan;
· Agak angkuh.
3. Manajemen Cina
Aspek Positif :
· Memegang teguh janji;
· Ulet;
· Tekun;
· Hormat, dan;
· Solidaritas kelompok (suku).
Aspek Negatif :
· Kikir;
· Menghalalkan segala cara untuk
mencapai tujuan;
· Tertutup, dan
· Terlalu materialistis.
Dari pengamatan perbedaan
aspek-aspek SDM yang ada Perbedaan culture budayalah yang melandasi
perbedaan-perbedaan sikap dan prilaku SDM global. Dan disini adalah tugas
seorang manager untuk mempelajari dan memahami prilaku dan kultur managerial
perusahaan multinasional sehingga terjalin saling pengertian dan kerjasama yang
bai. Untuk menganalisis variasi kultur, kita perlu mengidentifikasi enam
dimensi kultur dasar hubungan manusia dengan alamm, orientasi waktu, orientaasi
aktifitas, sifat manusia, fokus rasa tanggung jawab, dan konsepsi tentang ruang
Ekonomi global inii
memberikan tantangan bagi manager yang semula hanya beroperasi secara nasional
saja, mereka menaggapi sistem-sistem hukum politik. Situasi ekonomi. Dan kebijaksanaan
perpajakan yang berbeda. Tapi mereka harus bisa mengerti dan mengikuti
baerbagai kultur nasional, yaitu nilai-nilai penting yang dipraktikan. Yang memberikan
kekhususan sepanjang hidup. Hal seperti inilah yang sering menimbulkan
kesulitan bagi manager multinasional. Parochialism
yaitu pandangan sempit seorang manager yang kurang mampu untuk mengenali
adanya perbedaan-perbedaan di antara sesama manusia. Dan ethnocentric view, yaitu keyakinan bahwa nilai kultur dan kebiasaan
suatu bangsa itu lebih baik dari bangsa –bangsa lain.sering menghadapi sebagian
besar manager amerika serikat . manager amerika merasa superior, sehingga
mereka menyaratkan penggunaan bahasa inggris bagi orang-orang yang ingin
berhubungan dengan mereka
Pembahasan
Ilustrasi
khusus tentang kealamian global bisnis kikkoman
Kikkomen merupakan contoh
dari perusahaan lokal yang menjalar keranah intrnasional karena adanya
permintaan yang cukup tinggi terhadap produk diwilayah amerika, dan oleh
karenanya perusahaan melakukan ekspansi sekaligus eksplorasi mengenai peluang
baru dalam bidang teknologi untuk memajukan bisnisnya. Tetapi meskipun telah
terpisah ribuan kilometer dari tempat asalnya dan telah melakukan serangkaian
adaptasi, terdapat budaya yang tetap berpegang pada nilai-nilai tradisional
jepang. Yang menjunjung tinggi harmonisasi, loyalitas, dan sifat yang
kekeluargaan terhadap kariawannya. Bahkan tercermin juga dari cara persiapan
pengolahan kecap yang memerlukan waktu penyulingan beberapa bulan seperti yang
dilakukan dijepang.
Kasus ini mencerminakn bahwa
kultur nasional masih terus akan menjadi kekuatan yang tidak boleh diabaikan
dalam menjelaskan sebgian besar peranan prilaku organisasi. Jika manusia itu
bisa menjadi lebih homogen. Tentu kita bisa melakukan pendekatan “bebas kultur”
dalam mendalami prilaku organisasi, akan tetapi pendekatan ini nampaknya belum
relevan pada saaat ini karena alasan
a. Banyak perbedaan dalam prilaku organisasi
karena kultur-kultur nasional
b. Perbedaan ini dapat menerangkan terjadinya
variasi sikap dan prilaku
c. Paling sedikit dengan saat ini dan mungkin
bertahun-tahun yang akan datang perbedaan ini belum akan berkurang signifikan
Dari kasus kikkoman dapat
dikatakan bahwa meskipun telah banyak dilakukan komunikasi kultur antar negara
(cross cultural), masih saja ada sifat-sifat unik dari tradisi dan kebiasaan
khusus sebuah negara yang membentuk sikap dan prilaku manusia di negara
tersebut.
Tantangan
yang dihadapi SDM kikkoman dari jepang apabila beroperasi di Winconsin
a.Perbedaan budaya
Konsekuensi logis dari
perpaduan budaya adalah perbedaan budaya itu sendiri. Praktek sosialisasi yang
sedikit berbeda dari jepang dan Wincosin menyebabkan adanya perbedaan tipe
kariawan berdasarkan kulturnya misalnya saja. Rata-rata kariawan amerika lebih
kompetitif dan mementingkan diri sendiri dari pada kariawan jepang yang lebih menyukai presentasi baik daripada
pekerjaan yang telah terstandarisasi sebagai penghargaan dari tim kerja dan
sebuah kelompok, perbedaan budaya ini dapat menciptakan goncangan budaya (culture shock), maupun budaya dari
karyawan yang ditempatkan di Wincosin.
b.Kendala bahasa
Seperti telah dipaparkan
bahwa orang amerika cenderung lebih bersifat superior, sehingga mereka
mensyaratkan orang lain untuk berbahasa inggris. Hal ini tentu menyebabkan
adanya kendala bahasa antara pekerja amerika dan pekerja jepang.
Kikkoman
menunjukan derajat sosial yang tinggi
Tanggung jawab sosial
perusahaan ini terlihat pada
- Komitmen kikkoman untuk memperlakukan
pekerjaanya seperti kelurga yang melandasi seluruh aspek operasi perusahaan
- Kikkoman menjadi mitra yang menarik bagi
perusahaan-perusahaan berbasis amerika, seperti xerox. Untuk melakukan ekspansi
kepasar jepang dan cina
- Kikkoman menjadi kontributor yang unggul bagi
komunitas lokal, tidak hanya dalam hal pajak, tetapi juga dalam menciptakan
kontribusi terhadap apapun dari proyek h4 untuk SMU
Manfaat yang didapat
kikkoman dari tanggung jawab sosial tersebut adalah :
- Kikkoman diperhitungkan menjadi salah satu
pemain dalam dunia bisnis diamerika
- Kikkoman memiliki citra perusahaan yang baik.
Di Jepang maupun di Amerika
- Implikasi lebih lanjut pada penjualan produk
terbukti sampai sekarang ini kikkoman memegang 50 persen pangsa pasar untuk saus botol oriental di Amerika Utara 30
persen di jepang dan telah mebuka kikkoman group companies di 100 negara
Sumber
https://id.wikipedia.org/wiki/Kikkoman
http://www.kikkoman.com/index.shtml
Maman Fathurochman, SE, Modul
prilaku organisasi, Pusat pengembangan bahan ajar Universitas Mercu Buana
Jakarta
http://naficenna07.blogspot.com/2011/06/manajemen-sdm-global.html
Budiman Christiananta,
1994, Pengaruh Sistem Nilai Budaya Terhadap Manajemen di Indonesia, Makalah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar